5 Tips Sederhana Agar Baterai Smartphone Tidak Mudah Bocor

Tips Agar Baterai Smartphone Tidak Bocor – Seiring dengan kecanggihan teknologi, ponsel yang dulunya memiliki baterai bisa tahan sehari – hari kini paling lama hanya bisa bertahan satu hari semalam. Hal ini bukan karena kualitas baterai dari smartphone tersebut sangat buruk, melainkan karena smartphone tersebut aktif melakukan sinkronasi data. Akibatnya daya tahan baterai dari smartphone tersebut akan cepat habis.

Agar baterai dari smartphone kamu dapat bertahan lama, penting untuk kamu bisa menjaga agar baterai smartphone tidak bocor. Nah berikut ini tips penting agar smartphone kamu tidak cepat bocor.

Tips Agar Baterai Smartphone Tidak Bocor

Advertisement

Tips Agar Baterai Smartphone Tidak Bocor

1. Hindari Overheat

Advertisement

Jika smartphone kamu digunakan terus menerus dan tidak diberikan waktu rehat, maka smartphone kamua akan mengalami yang namanya overheat. Bahkan beberapa dari smartphone rentan terhadap overheat walaupun tidak sedang digunakan karena kasus wakelock. Untuk mengetahui apa itu wakelock dan penyebabnya, berikut ini informasinya.

Selain aplikasi – aplikasi pada smartphone penyebab wakelock, penggunaan kamera secara terus – menerus juga memicu terjadinya overheat. Hal itu disebabkan karena sensor kamera akan memaksa processor pengolah gambar untuk memprosesnya dengan cepat. Jadi sebaiknya kamu menggunakan kamera hanya pada saat dibutuhkan saja dan tutup kembali ketika tidak digunakan.

1. Jangan menggunakan smartphone pada saat dicharge

Pada saat di charge, sebaiknya smartphone kamu dalam keadaan mati dan tidak digunakan sama sekali. Jika smartphone menyala untuk penggunaan yang wajar misalnya saja membalas chat mungkin masih bisa ditolerir, namun tidak untuk digunakan browsing maupun menonton video dalam waktu yang lama. Jika hal ini sering dilakukan maka akan beresiko membuat baterai smartphone kamu bocor karena overheat serta memicu komponen sel baterai rusak.

3. Jangan keseringan membiarkan baterai kosong

Memang kamu harus membiarkan baterai smartphone kamu kosong untuk bisa melakukan kalibrasi. Namun proses kalibrasi baterai smartphoen hanya dilakukan satu sampai  dua kali saja dalam siklus satu bulan. Jika hal ini dilakukan terlalu sering akan berakibat pada lamanya pengisian daya baterai smartphone dan memicu baterai smartphone bocor.

4. Jangan charge baterai semalaman

Mengisi ulang baterai smartphone selama semalaman memiliki dampak jangka pendek yang akan membuat baterai smartphone cepat bocor. Hal ini dikarenakan kapasitas listrik yang berlebih ketika mengisi ulang smartphone akan memicu terjadinya overheat pada bagian konektor charger, dan membuat panas menyebar ke permukaan smartphone.

5. Menggunakan Charger asli

Penggunaan adapter charger yang tidak sesuai dengan smartphone akan memicu terjadinya aliran listrik yang berlebih yang akan membuat konektor charger kaget dan memicu terjadinya overheat. Jika ternyata kamu menggunakan kabel USB yang tidak sesuai dengan ponsel kamu, akan berdampak pada proses pengisian daya baterai menjadi lebih lama walaupun menggunakan arus yang kencang sekalipun.

 

Incoming search terms:

  • cara memastikan baterai xiaomi redmi3 bocor
Advertisement