Cara Menghilangkan Virus Tanpa Aplikasi Antivirus

Cara Menghilangkan Virus Tanpa Aplikasi Antivirus – Smartphone Android memang terkenal rentan akan serangan virus maupun malware yang disisipkan pada aplikasinya. Hal ini tentu saja bukan hanya karena dukungan kemudahan dalam membuat apliasi, namun juga tidak ketatnya persyaratan dan seleksi aplikasi yang ada di Google Play Store itu sendiri. Menggunakan aplikasi antivirus dapat menjadi solusi, namun bagaimana jika ternyata virusnya ada dalam aplikasi anivirus tersebut. Nah berikut ini informasi mengenai cara menghilangkan virus pada Android tanpa Antivirus.

Cara Menghilangkan Virus Tanpa Aplikasi Antivirus

Cara menghilangkan Virus pada Android Tanpa Antivirus

Advertisement

Melakukan factory reset adalah sebagai cara yang ampuh untuk dapat menghilangkan virus pada Android smartphone kamu. Namun, hal ini beresiko pada hilangnya semua data yang sudah terpasang pada Android.

Masuk pada Safe Mode

Advertisement

Hal ini memungkinkan Android kamu untuk beroperasi lebih ringan, karena hanya menjalankan aplikasi inti bawaan sistem Android kamu. Semua aplikasi yang sudah kamu instal akan hilang, namun tenang saja aplikasi tersebut tidak hilang selamanya, hanya sementara keika berada pada Safe Mode saja. Cara masuk ke Safe Mode pada setiap perangkat Android memang berbeda – beda, namun rata – rata menggunakan tombol kombinasi power dan volume ketika proses booting.

Cek aplikasi pada Safe Mode

Ketika kamu berada pada Safe Mode, kamu harus cek aplikasi yang terinstall. Dengan cara masuk ke setting – Apps – pilih tab Downloaded. Proses ini akan membuat sistem menghilangkan semua daftra aplikasi pada pihak ketiga di Safe Mode, namun karena virus termasuk dalam sistem, maka virus akan terlihat sebagai aplikasi pihak ketiga namun dapat menjalankan fungsi sistem. Jika pada Android kamu terinfeksi virus, akan muncul aplikasi asing yang tidak pernah kamu download di Android kamu.

Hapus aplikasi yang mencurigakan

Apabila kamu menemukan aplikasi yang mencurigakan pada Android kamu, kamu harus meng klik applikasi tersebut dan pilih uninstall.

Hapus akses administrator aplikasi asing

Ketika kamu menemukan aplikasi asing yang memberikan akses administrator pada dirinya sendiri. Cara menghapus administratornya adalah dengan keluar dari Applicatin Setting dan masuk ke Setting – Security – Device Administrator. Kemudian kamu bisa menghilangkan akses administrator aplikasi yang mencurigakan tersebut. Dan selanjutnya kembali pada Application Setting dan periksa aplikasi yang mencurigakan tersebut.

Keluar dari Safe Mode

Setelah proses penghapusan aplikasi mencurigakan tersebut selesai, kamu tinggal keluar dari Safe mode. Caranya merestart ponsel seperti biasa.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan virus pada Android kamu. Jadi disarankan untuk kamu selalu membuat back up dari data dan aplikasi yang dirasa penting setelah proses pemeriksaan dan penghapusan virus untuk berjaga – jaga. Dengan menghapus virus tanpa menggunakan antivirus dirasa cukup baik karena tidak membuat ponsel bekerja lebih lambat. Semoga bermanfaat.

 

Incoming search terms:

  • cara membersihkan virus di xiaomi
  • cara membersihkan virus tanpa du antivirus
Advertisement