Cara Mirroring Menampilkan Display Android Ke TV

Cara Mirroring Menampilkan Display Android Ke TV – Kemajuan teknologi memang terbukti memberikan banyak kemudahan bagi umat manusia. Berbagai aktifitas dapat dilakukan dengan lebih praktis dan ringkas serta cepat berkat adanya dukungan sebuah perangkat teknologi yang menjadikannya semua itu mungkin terjadi. Berbagai hal dikembangkan mulai dari teknologi smart phone yang secara fungsi utama adalah sebagai perangkat telekomunikasi dapat digunakan untuk berbagai aktifitas sepertni menunjang dalam hal pekerjaan hingga mencari sebuah konten hiburan. Adalah sebuah teknologi yang dikembangkan ketika sebuah tampilan atau display dari smartphone dapat di mirrorkan atau ditampilkan kedalam sebuah layat TV yang lebih luas sehingga dapat dilihat lebih banyak orang yang secara fungsi dapat digunakan untuk sebuah prsentasi kerja hingga digunakan untuk menikmati konten hiburan seperti menonton film dan juga bermain game.

Langkah atau cara mudah mirroring menampilkan display Android ke TV dapat dilakukan dengan beberapa cara  dan syarat yang harus dipenuhi oleh perangkat tersebut. Karena tak semua perangkat Android mendukung untuk dapat dilakukan mirroring ke TV karena memang secara spek tidak support karena keterbatasan komponen hardware dan juga dukungan softwarenya. Syarat utama untuk dapat melakukan mirrong Android ke TV yang pertama adalah perangkat harus didukung atau sudah dijalankan pada OS Android v4.4.2 Kitkat keatas, atau dengan kata lain pengkat Android yang didukung dengan OS dibawah yang disyaratkan tersebut tidak akan bisa untuk dilakukan mirroring. Kemudian syarat yang kedua adalah anda harus memiliki sebuah perangkat yang bernama Chromecast, sebuah perangkat yang berfungsi seperti transmitter yang akan dapat menjadikan layar Android dapat tertampil ke TV.

Nah untuk anda yang mungkin masih belum mengetahui bagaimana cara melihat versi OS yang digunakan pada perangkat anda, anda dapat melakukan dengan cara berikut. Masuk pada menu “Setting” salnjutnya pilih opsi menu “About Phone”, dan disana akan ditampilkan segala informasi tentang ponsel anda termasuk OS yang digunakannya. Sedangkan untuk Chromecast sendiri anda dapat membelinya dibanyak Ecommerce Indonesia dengan kisaran harga Rp. 500 ribuan. Produk ini sebenarnya bukanlah produk yang baru rilis dan sudah lama, dan merupakan salah satu perangkat pendukung gadget yang diproduksi oleh Google.

Advertisement

Lalu setelah persyaratan tersebut dapat terpenuhi bagaimana cara mirroring menampilkan display Android ke TV. Sesunguhnya caranya sangatlah sederhana ketika komponen dan syarat diatas sudah dapat dipenuhi, dan berikut langkah yang dapat anda praktekan untuk melakukan mirroring tersebut.

Cara Mirroring Menampilkan Display Android Ke TV

Advertisement

Cara Mirroring Menampilkan Display Android Ke TV

  1. Pastikan anda terlebih dahulu menginstal sebuah Aplikasi yang bernama Google Home. Kalau anda belum memilikinya anda dapat mencarinya di Play Store unduh dan install gratis.
  2. Langkah selanjutnya adalah anda harus memiliki koneksi Wi-Fi. Yang perlu dicatat adalah jaringan Wi-Fi yang tersambungkan pada perangkat Android dan Chromecast adalah sama.
  3. Selanjutnya anda dapat membuka aplikasi Google Home yang sudah anda install di perangkat Android anda, slide ke menu kemudian pilih “Cast Scree atau Audio”.
  4. Langkah berikutnya adalah tap podo tombol berwarna biru yang diiukuti dengan perangkat yang coba ingin anda hubungkan.

Cara lain untuk beberapa perangkat dapat dilakukan dengan masuk kedalam menu pengaturan yang dapat anda temukan dengan melakukan swiping layar dari arah atas kebawah atau bawah keatas. Dan jika anda sudah dapat melihat menu atau tombol Cast Screen ada, anda dapat melakukan tap pada menu atau opsi tersebut  yang kemudian diikuti denan perangkat yang ingin anda coba hubungkan. Dan mirroring perangkat Android ke TV sudah dapat anda lakukan dan lihat dilayar TV anda.

Sedangkan untuk menghentikan aktifitas mirroring anda akan dapat melihat notofikasi shade yang mana dengan melakukan tap pada opsi tersebut aktifitas mirroring dapat anda hentikan kapanpun anda mau. Dan demikian cara mirroring menampilkan display Android ke TV dengan mudah yang dapat anda lakukan untuk dapat menikmati konten atai tampilan layar perangkat Android anda kedalam display yang lebih luas melalui sebuah TV.

Incoming search terms:

  • aplikasi android untuk mirror ke tv
  • cara mirroring android ke tv
  • miroring android ke tv
Advertisement