Penyebab dan Cara Mengatasi Koneksi Wifi yang Loading

Penyebab dan Cara Mengatasi Koneksi Wifi yang Loading – Pastinya kamu memiliki koneksi Wifi sendiri di rumah atau pun koneksi Wifi di kos – kos an. Tentunya tidak sedikit orang y ang memiliki router Wifi pribadi, untuk memudahkan kamu dalam mengakses internet dari berbagai perangkat gadget misalnya saja laptop ataupun smartphone. Nah berikut ini ada beberapa informasi mengenai permasalahan Wifi yang buruk. Koneksi Wifi yang jelek dapat disebabkan oleh adanya permasalahan konfigurasi router gangguan nirkabel atau pun masalah teknisi lainnya.

cara mengatasi koneksi Wifi yang Loading

Cara Mengatasi Koneksi Wifi yang Loading

Advertisement

Periksa koneksi internet kamu

Sebelum kamu memulai untuk mengotak – atik perangkat Wifi kamu, sebaiknya terlebih dahulu kamu memeriksa koneksi internet kamu secara langsung menggunakan kabel Enthernet ke modem kamu. Sebaiknya kamu gunakan kabel Ethernet untuk online dan apabila kamu tetap tidak bisa terhubung ke jaringan internet atau koneksi internet kamu lambat, berarti ada beberapa masalah pada ISP.

Advertisement

Jika memang benar adanya masalah pada IPS, kamu bisa langsung menghubungi pihak ISP tersebut untuk menanyakan permasalahan yang sedang kamu hadapi.

Update Firmware

Langkah selanjutnya periksa firmware modem dan router yang kamu gunakan. Hal tersebut sangat penting  dilakukan karena update firmware biasanya disertai dengan perbaikan bug dan software yang mungkin kamu temui. Biasakan untuk memeriksa update secara rutin untuk memastikan firmware modem dan router kamu selalu up to date.

Penempatan Router Wifi

Kamu bisa menempatkan router pada lokasi yang ideal untuk dapat memastikan sinyal Wifi agar kamu dapat browsing dengan mudah dan cepat serta dapat menikmati kecepatan internet yang kamu miliki. Peralatan rumah tangga dan jaringan nirkabel tetangga bisa mengganggu komputer kamu. Untuk menghindari masalah ini, kamu bisa memindahkan router kamu pada lokasi yang lebih baik dan mengubah nomor saluran / channel Wifi kamu.

Pengaturan koneksi router Wifi

Hampir selurh perangkat Wifi mendukung adanya 2.4 GHz 802.11g, yang juga didukung sampai 54 Mbps. kamu bisa menggunakan pengaturan ini pada router Wifi kamu sehingga perangkat kamu bisa berjalan dengan maksimal. Jika kamu memilih 5 GHz, hanya pada perangkat yang mendukung dual band Wifi saja yang bisa koneksi sedangkan pada perangkat 802.11n atau pun 802.11ac tidak bisa menjalankan koneksi secara maksimal.

Upgrade Antena

Jika antena router kamu dapat di upgrade, maka ada baiknya kamu mengganti antena yang lebih besar dengan kekuatan sinyal yang lebih besar.

Mencari tahu penyebab turunnya kecepatan internet

Apabila kecepatan Wifi kamu turun pada waktu tertentu, mungkin saja ada software atau perangkat lain yang memakan bandwith. Dengan memeriksa software yang ada di komputer kamu, misalnya saja antivirus yang biasanya menjalankan update otomatis pada waktu tertentu. Selain itu juga ada kemungkinan Wifi kamu digunakan oleh orang lain secara diam – diam. Untuk menghindari hal – hal seperti itu, pastikan kamu membuat password yang aman sehingga mencegah sembarang orang mengambil bandwith kamu.

 

Incoming search terms:

  • cara mengatasi loading wifi
  • cara mengatasi wifi yang loading terus
Advertisement