Penyebab Smartphone Sering Panas

Penyebab Smartphone Sering Panas – Salah satu problem yang sering kali dirasakan para pengguna smartphone canggih untuk saat ini adalah panasnya ponsel yang timbul tanpa diundang dan tanpa adanya peringatan. Panas yang berlebih muncul ketika menggunakan smartphone tersebut tentu saha akan sangat mengganggu dan bisa mengurangi produktivitas penggunaan ponsel.

Terus, sebenarnya apa saja faktor yang menyebabkan smartphone cepat panas dan bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini ada beberapa faktor dan cara penanganan smartphone cepat panas.

Penyebab Smartphone Sering Panas

Advertisement

Penyebab Smartphone Sering Panas

1. Multi tasking

Advertisement

faktor multi tasking atau berpindah – pindah aplikasi berlebihan juga menjadi peranan pada panasnya suhu ponsel kamu dan berujung pana overheating. Meskipun tidak banyak aplikasi yang sedang kamu buka, namun hal ini bukan berarti tidak ada aplikasi yang sedang berjalan di belakang. Misalnya saja melakukan panggilan telepon dan penggunaan internet yang intens juga memicu panas yang berlebih pada ponsel

2. Streaming video non stop

sebagian orang menggunakan smartphone mereka sebagai alat hiburan ketika dalam perjalanan. Kemampuan ponsel canggih untuk menampilkan video dengan resolusi tingi juga menjadi salah datu faktor penyebab munculnya panas pada hp. Sebaiknya kamu perlu bijak dalam menonton videonya jangan terlalu berlebihan dalam menonton video pada smartphone.

3. Aktivitas gaming yang berlebihan

Faktor ini pastinya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Menggunakan smartphone untuk bermain game memang seru, namun game pastinya akan memaksa processor dan GPU untuk bekerja lebih keras. Jadi tidak heran jika ponsel akan cepat panas.

4. Baterai yang buruk

Kamu perlu wasdapa jika merasakan panas ponsel yang tidak wajar pada smartphone kamu, ketika smartphone tidak digunakan, namun tiba – tiba ponsel panas tanpa penyebab yang jelas. Hal ini bisa jadi baterai yang buruk sebagai penyebabnya. Sebaiknya kamu segera mengecek kualitas baterai yang bisa disebabkan karena umur baterai, penggunaan intens, dan benturan yang merusak struktur baterai.

5. Ventilasi yang kurang memadai

Sebaiknya kamu menyimpan smartphone kamu pada tempat yang tepat dan tidak menahan panas. Sama seperti penanganan laptop, ponsel juga selayaknya tidak bisa diletakkan pada tempat tidur maupun permukaan empuk lainnya. Karena permukaan yang empuk akan menyerap panas dan membuat temperatur smartphone menjadi lebih tinggi.

6. Kerusakan akibat air

Sebaiknya kamu menghindari smartphone kamu pada tempat –tempay yang memiliki kelembapan tinggi dan genanangan air. udara yang sangat lembab dapat masuk pada belakang case dan akan membawa uap air yang membuat suhu smartphone menjadi tidak karuan.

7. Casing ponsel yang terlalu tebal

Hal yang tidak kalah penting adalah case tambahan yang melindungi smartphone juga dapat menjadi salah satu masalah. Karena case yang terlalu tebal akan membuat perangkat ponsel seperti terpenjara pada suhu panas.

Advertisement